Jumat, 20 April 2012

Peran Makelar Atau Broker Terhadap Bisnis Pembiayaan

Trihamas Finance Wonosobo _ Peran Makelar Atau Broker Terhadap Bisnis Pembiayaan, tidak dapat kita pungkiri bahwa peran makelar atau broker dalam bisnis pembiayaan begitu penting. Tanpa peran serta mereka kemungkinan perkembangan dalam berbisnis kita mungkin saja sedikit melambat.

Sebetulnya apa arti Makelar? atau dalam perkembangannya orang banyak menyebutnya Broker. Makelar adalah Orang yang bertindak sebagai penghubung antara dua (2) belah pihak yang berkepentingan. Pada prakteknya lebih banyak pada kegiatan jual beli. (sumber wikipedia)

Makelar bertugas menjembatani kepentingan antara penjual dan pembeli. Dalam kegiatannya dilapangan banyak berbagai bentuk kerja dari seorang makelar. Dari yang ingin untung sendiri dan mengorbankan salah satu pihak (seperti mark up harga) dan tidak bertanggung jawab atas resiko yang akan terjadi, sampai yang profesional yang benar-benar menjembatani kedua belah pihak dan dapat dipertanggungjawabkan.

Bagaimana dengan Peran Makelar terhadap bisnis pembiayaan? dalam hal ini mobil. Tentunya peran mereka sangat membantu. Taruhlah seorang marketing pembiayaan tanpa peran mereka tentu akan sangat kesulitan menembus target tertentu yang ditetapkan perusahaan. Semakin luas atau banyak seorang marketing menjalin kerjasama dengan makelar atau broker mobil, kian mudah pula seorang marketing mendapatkan calon nasabah.

Karena dengan sendirinya, seorang makelar secara tidak langsung memberikan jalan kepada seorang marketing  pembiayaan untuk memperoleh nasabah. Maka tidak dapat kita pungkiri berbagai macam cara dilakukan agar kita tetap dapat mejalin kerjasama yang baik dengan para makelar ini.

Dalam era yang kian kompetitif ini baik persaingan antar leasing/pembiayaan atau persaingan antar marketing satu dengan yang lainnya namun dengan leasing yang berbeda, menuntut kita harus pandai-pandai memberikan yang terbaik buat mereka (makelar).

Karena makelar pada dasarnya berorientasi pada profit semata maka bagi leasing yang mau memberikan reward yang menggiurkanlah yang mereka akan cari.

Meski demikan kita harus dituntut berhati-hati, karena bagaimana pun juga rekomendasi calon debitur dari mereka para makelar tetap harus dilihat secara cermat, baik kapasitas maupun karakternya. Disinilah peran seorang marketing dipertaruhkan karena harus benar-benar bekerja sesuai dengan protap. Karena jika salah menganalisa yang terjadi akan fatal dan menjadi bumerang dikemudian hari.

Dibutuhkan jam terbang yang cukup bagi seorang marketing dalam mendapatkan link makelar. Bagi mereka  yang sudah lama menjalin kerjasama tentu tidaklah mudah memalingkan wajah kepada yang lain. Karena rata-rata dari mereka sudah memahami dan memberikan win-win solution diantara mereka dalam kegiatannya.

Dalam kesempatan yang lain akan kita kupas yang lebih mendalam lagi. Karena tema seperti ini cukup menarik untuk diulas. (an_thf)


Wassalam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar