Kamis, 05 April 2012

Menambah Modal Usaha dengan menjaminkan Angkudes

Persawahan Desa Balekambang
Trihamas Finance Wonosobo _ Ibu Saminah 49 tahun, dengan latar belakang sebagai seorang petani/pekebun bersama suaminya Bapak Sarjono memandang bahwa usaha dari bertani tidaklah mencukupi, baik untuk kebutuhan hidup maupun untuk keperluan yang lainnya.

Berbekal tekad dan belajar dari usaha yang telah dirintis kerabatnya disela-sela usaha bertani/berkebun mencoba ikut berternak ayam petelur sejak 6 tahun yang lalu, yang semula hanya 50 ekor kini telah berkembang menjadi 300 ekor ayam petelur. Jatuh bangun usaha yang dirintis bersama suaminya, "pernah 75 ekor yang katanya siap bertelur ternyata sama sekali tidak menghasilkan Mas!", katanya sewaktu kami berkunjung ke rumahnya di balekambang, selomerto, wonosobo. "padahal harga per ekor Rp 60.000,-", sekarang kalau cari bibit ayam yang baik sudah tahu, biar tidak mengalami kerugian seperti dulu lagi!" katanya kemudian.

Telur dipasarkan diseputar pasar balekambang yang tidak jauh dari rumahnya, sedang harga perkilo kisaran antara Rp 14.000 - Rp 16.000. Sementara dalam sehari dari 300 ayam menghasilkan -+ 10kg - 15kg telur.

Usaha Ayam Petelur Ibu Saminah
Dalam menjalankan usahanya suami istri ini bekerjasama dengan lembaga keuangan swasta di wonosobo yang cukup dikenal dan sudah terjalin kerjasama sejak belasan tahun yang telah lalu, tidak hanya untuk usaha ayam petelurnya saja tapi jauh sebelum ada usaha yang sekarang. 

Sewaktu kami menawarkan diri untuk menjadi mitra usaha suami istri ini awalnya ragu karena merasa sudah sangat baik dan merasa tertolong dari lembaga yang selama ini telah memberikan kontribusi kepada usahanya selama ini. Akan tetapi ketika kami mencoba berbicara dari hati ke hati dan memberikan gambaran akan kemudahan, keamanan, kecepatan, serta suku bunga yang cukup ringan membuat suami istri ini mulai berfikir untuk mencoba di lembaga keuangan yang kami tawarkan. 

Akhirnya jasa angkutan desa atau angkudes trayek kertek - balekambang - selomerto satu-satunya yang dimiliki dijadikan agunan. "jika ini cair akan saya pergunakan untuk membeli bibit ayam petelur dan membuat kandang ayam", kata beliau sembari menunjuk tanah dibelakang rumahnya yang masih kosong.

Angkudes, Kertek - Balekambang - Selomerto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar